Welcome to our website !

Pelatihan Model Kawasan Zero Waste Bersama Froilan Grate

By 6:21 AM , ,

Apakah mewujudkan kawasan yang Zero Waste itu suatu hal yang mungkin? Pada prakteknya, upaya mewujudkan kawasan zero waste memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, sudah banyak kisah sukses kota-kota yang berhasil menerapkan konsep zero waste, tak terkecuali di beberapa kota di Asia.

Pada tanggal 21-22 Oktober 2016 lalu, telah berlangsung Pelatihan Model Kawasan Zero Waste yang bertempat di Aula Pikiran Rakyat, Jl. Asia-Afrika No.77 Bandung. Pelatihan yang menghadirkan Froilan Grate dari Mother Earth Foundation (MEF) sebagai pembicara tersebut terselenggara atas kerjasama kolaborasi Forum BJBS (Bandung Juara Bebas Sampah), didukung oleh Ikatan Alumni ITB Jabar, PD. Kebersihan Kota Bandung, dan Pikiran Rakyat. Pelatihan ini diikuti oleh sejumlah peserta perwakilan dari PD. Kebersihan, kelurahan, Kawasan Bebas Sampah (KBS), dan komunitas lingkungan Kota Bandung.

Pada sesi pelatihan di hari pertama, Froilan Grate berbagi pengalamannya mewujudkan model kawasan Zero Waste di 7 kota di Filipina. Froi berbagi kisah sukses penerapan konsep zero waste skala kelurahan (di Filipina disebut barangay) di Metro Manila, dan skala kota di San Fernando City. Pelatihan berlanjut dengan workshop di hari kedua, yakni menggali ide bersama untuk merumuskan strategi membangun model kawasan zero waste skala kelurahan di Kota Bandung.

Kegiatan ini diliput di surat kabar Pikiran Rakyat (21/10/16) dan media Pikiran Rakyat online.

You Might Also Like

3 komentar