Welcome to our website !

Sekilas YPBB

By 10:18 AM

Berdiri semenjak 1993, YPBB adalah organisasi nonprofit profesional yang konsisten dalam mempromosikan serta mempraktekan pola hidup selaras dengan alam, untuk mencapai kualitas hidup yang tinggi dan berkelanjutan.


Visi:
Terciptanya kehidupan manusia yang berkualitas tinggi melalui gaya hidup selaras alam.  

Misi:
Membantu masyarakat memahami dan menerapkan gaya hidup organis untuk mencapai kualitas hidup yang tinggi dan berkelanjutan.


Apa yang YPBB Lakukan:
YPBB menyadari, untuk memperbaiki sebuah sistem pengelolaan sampah yang kompleks, diperlukan pendekatan yang terukur dan terstruktur pada dua subyek utama perubahan, yakni masyarakat umum melalui kegiatan-kegiatan kampanye publik dan pada pemerintah melalui kegiatan advokasi kebijakan.


1. Kampanye Publik
- Pelatihan Zero Waste Lifestyle (ZWL) dan Zero Waste Academy (ZWA)
Program pelatihan untuk masyarakat umum dan ASN dimana peserta mendapat pemahaman yang tepat bagaimana mengelola sampah sehingga persoalan sampah bisa diatasi mulai dari komunitas terkecil yaitu rumah tangga. Program ini mengusung prinsip pengelolaan sampah yang terdesentralisasi, mandiri, preventif dan berkelanjutan. 

- Toko Organis dan Refill Center
Peran utama Toko Organis adalah menyediakan sarana pendukung yang akan mempermudah penerapan gaya hidup ramah lingkungan. Pembeli perlu membawa wadah guna ulang jika hendak berbelanja di Toko Organis sehingga dapat mengurangi sampah kemasan sekali pakai.

Toko Organis beralamat di Kompleks Delima Cikutra, Jl. Delima No. 85B, Kota Bandung.

2. Advokasi Kebijakan
- Zero Waste Cities (ZWC)
Program implementasi prinsip Zero Waste di tingkat Kabupaten/Kota sebagai bagian dari upaya mendorong transformasi pengelolaan sampah Nasional. Melalui ZWC, YPBB mendampingi pemerintah untuk dapat menyusun Rencana Induk Pengelolaan Sampah (RIPS) dan produk kebijakan lain yang mendukung, serta membantu kawasan menerapkan zero waste secara komprehensif mulai dari pengumpulan dan pengangkutan secara terpilah.

- Asistensi Pengembangan Produk Kebijakan Pemerintah
YPBB melihat adanya potensi para pemangku kebijakan untuk bisa difasilitasi dan diberi pendampingan untuk memahamai paradigma pembangunan berkelanjutan berdasarkan hukum alam dan multi generasi. Melihat kebutuhann tersebut, maka dibentuk program khusus yang berperan melakukan kampanye di level pemangku kebijakan sehingga proses kampanye yang dilakukan YPBB di level grass root dapat berdampak lebih luas.

***

Mari Bergabung Bersama YPBB!

Anda dapat berperan dalam menciptakan kualitas hidup yang baik, dengan bergabung dalam kegiatan YPBB. Berbagai peran dan bentuk partisipasi yang dapat Anda lakukan:

- Mengikuti dan menjadi mitra pelatihan dan kegiatan YPBB
- Menjadi relawan YPBB
- Terlibat dalam berbagai komunitas yang dikembangkan YPBB

Dana utama YPBB adalah hibah berskala kecil (small grant) dari lembaga-lembaga dana, serta donasi individu yang secara sukarela memberi dana dan keahlian di bidang yang spesifik. Meski demikian, sampai saat ini YPBB secara konsisten masih terus mengembangkan program pendanaan berbasis masyarakat.


Untuk informasi dan keterlibatan lebih jauh, hubungi YPBB di:
Kantor: Jl. Delima Cikutra No.85 B, RT.004/RW.014, Cikutra, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40124
Telepon: 0811-2237-900
Email: ypbb@ypbb.or.id
Facebook: YPBB Bandung
Twitter: @ypbb_id
Instagram: ypbb.id

Peta:

You Might Also Like

5 komentar