Welcome to our website !

Langkah Sederhana Menyiapkan Makanan dan Minuman #ZeroWaste

By 9:21 PM

Sudah siap-siap untuk datang ke Buka Bersama YPBB ?

“Membawa makanan pembuka (tajil) untuk berbuka puasa yang #ZeroWaste (minim sampah)” adalah salah satu “syarat” yang ditetapkan untuk menghadiri acara ini. Mungkin di antara teman-teman merasa kebingungan, bagaimana sih makanan yang #ZeroWaste itu?





Makanan atau minuman yang #ZeroWaste (Nol Sampah) adalah jenis makanan atau minuman yang ketika kita konsumsi dan habiskan, tidak menyisakan material anorganik yang biasa kita sebut sampah. Jika kita tidak mengurangi material anorganik yang tidak bisa terdegradasi oleh proses alami yang terjadi di lingkungan ini, akibatnya akan terus terjadi penumpukan sampah di mana-mana. Oleh karena itu kita bisa mengurangi jumlah pemakaiannya hingga mendekati nol (Zero), hanya dengan beberapa langkah sederhana saja !

1. Perhitungkan jenis dan jumlah sampah yang dihasilkan ketika membeli bahan baku untuk membuat makanan atau minuman.

Minimalisir pembelian bahan baku/makanan jadi yang menggunakan plastik atau bahan-bahan yang sulit didaur ulang. Tidak perlu dibungkus plastik, styrofoam, dus, kertas nasi, atau apapun yang akhirnya menghasilkan material yang dibuang. Gunakan wadah untuk menyimpan makanan, bisa berupa misting (kotak makanan), tumbler (tempat minum) atau bahkan piring yang terbuat dari kaca, yang bisa dipakai berulang. Dan selalu ingat ketika hendak membeli,  bawalah tas belanja kain yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama sehingga dapat mengurangi penggunaan plastik kresek.
Contoh : bawalah wadah sendiri kalau membeli tahu, tempe atau bahkan gorengan sekalipun.

2. Hindari membeli makanan/minuman dalam kemasan, yang kemasannya hanya akan dibuang.

Akan dibuang kemanakah kemasan yang tersisa? Kita tidak mungkin memakan sekaligus dengan kemasannya bukan? Lebih baik pilih makanan lezat yang dibungkus dengan daun pisang atau daun lainnya, sehingga kemasan pembungkus makanan tersebut mudah terdaur di alam.

3. Membuat makanan/minuman sendiri 

Makanan minuman yang dibuat sendiri lalu diletakkan ke dalam piring atau gelas kaca juga sangat membantu. Selain lebih lezat, sehat dan membanggakan juga minim sampah lho.   

4. Pilihlah jenis makanan yang sehat

Makanan yang sehat itu merupakan makanan yang tidak menggunakan zat aditif (zat tambahan), seperti pewarna makanan, pengawet, dan lain lain yang berbahaya bagi kesehatan.

5. Usahakan menggunakan tempat makanan/minuman yang bisa berkali-kali dipakai

Saat menyajikan, sebaiknya pakai bahan yang sesuai. Beling/kaca untuk makanan yang berkuah atau panas, untuk minuman hangat pakailah mug atau juga wadah plastik yang aman untuk makanan/minuman. Produk plastik yang aman digunakan biasanya berkode 5 atau 7 (lihat di bagian bawah produk).

Sederhana dan gampang bukan untuk mulai Ber-#ZeroWaste? Sudah siap menghadiri Buka Bersama YPBB, 5 Agustus 2012 di Galeri Padi, Pukul 16:00-20:00. Rangkaian acaranya seru, mulai dari Nonton Film Bareng, Berbagi Tajil dan Tips Zero Waste, juga Launching Lomba Foto Lebaran Hijau. Ini bukan buka bareng biasa!





















Klik disini untuk info lebih lanjut. CP: Wina [087824075560]

Sampai jumpa di Buka Bersama YPBB!  


You Might Also Like

0 komentar