Welcome to our website !

Biodigester baru Pak Amin

By 6:20 PM

satu lagi biodigester penghasil biogas dipasang di desa Pasir Angling, Lembang. biogas adalah salah satu program YPBB dibawah divisi Habitat dan Teknologi Organis. Program di Pasir Angling ini telah berjalan sekitar dua tahun dan akan menginjak tahun ketiga.

keluarga Pak Amin, adalah salah satu keluarga pengguna biogas di Pasir Angling. penggunaan biogasnya sempat terhenti karena biodigesternya rusak. setelah diperbaiki, sekarang keluarga Pak Amin bisa kembali menggunakan biodigesternya.


balon penampung gas, menandakan kembali aktif-nya 
biodigester keluarga Pak Amin


cita-citanya, YPBB ingin mengembangkan masyarakat yang bisa memanfaatkan siklus-siklus alam untuk memenuhi kebutuhan energinya. atau, dalam bahasa keren sekarang, disebut: masyarakat yang mandiri energi. dengan sentuhan YPBB, mandiri energi ini dikemas dengan memanfaatkan siklus-siklus alami, dan kita menyebutnya masyarakat organis. Dalam soal biogas, siklus alam yang dimanfaatkan adalah pembusukan kotoran sapi. kotoran sapi yang sudah 'diperas' gasnya ini terbukti jadi pupuk daun yang baik. "lebih bagus daripada urea" kata Ibu Amin, yang keluarganya menggunakan biogas untuk memasak.

selamat ya, bu amin, sekarang bisa masak lagi dengan biogas...

You Might Also Like

0 komentar