Welcome to our website !

Riset Timbulan Sampah di Kelurahan Lebak Gede

By 5:18 PM , , , ,

Waste Analysis and Characterization Study (WACS) atau yang biasa dikenal dengan Studi Komposisi dan Karakteristik Timbulan Sampah yaitu studi yang mengidentifikasi jenis sampah yang dihasilkan di kawasan pemukiman (rumah tangga), dengan sasaran untuk mengetahui jenis sampah apa saja yang perlu ditangani timbulannya. Dan Brand Audit atau biasa dikenal dengan audit merek sampah yang dihasilkan ini merupakan bagian dari WACS.

Kegiatan ini telah dilakukan selama 8 hari berturut-turut di Kelurahan Lebak Gede dari tanggal 25 Juni 2019 hingga 02 Juli 2019. Untuk kegiatan ini, kami mengambil sampel dari 70 kepala keluarga yang berada di wilayah RW 01 dan RW 07 Kelurahan Lebak Gede.

Pada kegiatan ini, YPBB meminjam lokasi UPT Unpad yang digunakan sebagai lokasi kegiatan pemilahan sampah yang telah diambil dari 70 kepala keluarga. Sampah dari responden ini kemudian dipilah kembali menjadi 85 jenis. 

Kegiatan WACS dan WABA ini sudah 5 kali YPBB lakukan, yaitu di kelurahan Sukaluyu, Kelurahan Babakan Sari, Soreang, Cimahi dan Kelurahan Gempol Sari. 

Data kegiatan ini nantinya akan digunakan untuk mendorong peningkatan kinerja pengurangan sampah dan akan digunakan untuk membuat sistem pengelolaan sampah yang sesuai dengan wilayah Kelurahan Lebak Gede.

Kegiatan ini bisa terlaksana berkat bantuan berbagai pihak yaitu 
1.UPT Unpad yang telah bersedia memberikan tempat untuk pelaksanaan kegiatan

2.Relawan yang tanpa lelah dan dengan ceria membantu YPBB dalam proses WACS dan WABA ini 

3.Masyarakat RW 01 dan RW 07 Lebak Gede yang sudah bersedia menjadi responden untuk kegiatan ini.


YPBB mengucapkan terima kasih atas semua bantuan yang diberikan pada pelaksanaan kegiatan WACS dan WABA di Kelurahan Lebak Gede ini. Semoga kegiatan ini bisa menjadi awal dari proses pengelolaan sampah yang lebih baik.

Untuk lebih lengkap terkait dengan kegiatan ini bisa mengunduh press release di sini


You Might Also Like

0 komentar