Welcome to our website !

Training of Trainers Zero Waste Lifestyle YPBB di Akhir Tahun 2018

By 3:19 PM , , , , ,


Setiap tahunnya, YPBB mengadakan TOT (Training of Trainers) dalam rangka melatih para relawan trainer untuk dapat membawakan Pelatihan ZWL (Zero Waste Lifestyle) sesuai dengan standar yang biasa dibawakan oleh YPBB. Pada akhir tahun 2018 lalu, YPBB kembali membuka pendaftaran relawan trainer dan mengadakan TOT untuk memenuhi kebutuhan ketersediaan trainer atas permintaan Pelatihan ZWL di tahun 2019.

Peserta TOT 8 Desember 2018

TOT diadakan pada tanggal 8 Desember 2018 & 15 Desember 2018, dengan jumlah peserta 18 orang pada TOT pertama, dan 17 orang pada TOT kedua. TOT pertama diadakan di Aula Kelurahan Sukaluyu (untuk Pelatihan ZWL) dan kemudian peserta dibagi kedalam dua kelompok untuk TOT, dan sebagian berkegiatan di Urban Center YPBB (kantor lama, Jl. Rereng Barong No. 30 Bandung). TOT kedua seluruh kegiatannya (baik Pelatihan ZWL & TOT) diadakan di Urban Center YPBB (kantor lama).

Pada bagian awal, para peserta diberikan Pelatihan ZWL dan kemudian dilanjutkan dengan TOT pada sesi berikutnya. Di akhir TOT para peserta menandatangani kesepakatan untuk menjalani masa magang selama 3 bulan, sebelum akhirnya dapat menjalankan peran sebagai Trainer YPBB untuk periode 1 tahun.


Pelatihan ZWL & TOT
Fasilitator pada TOT pertama adalah Anilawati Nurwakhidin (Anil) & Rikrik Sunaryadi (Rikrik). Sedangkan pada TOT kedua, Anil dibantu oleh Jessisca Fam (Jessis) sebagai fasilitator TOT. Peserta TOT adalah 35 orang relawan yang hadir dan telah lolos seleksi pendaftaran relawan trainer 2018. Yang menarik dari pendaftaran Relawan Trainer YPBB pada kali ini adalah antusiasme pendaftar yang masuk, terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 90 orang dalam jangka waktu pendaftaran yang hanya satu minggu saja. Ini adalah angka yang sangat banyak dibandingkan dengan pendaftaran relawan YPBB pada tahun-tahun sebelumnya. Semoga merupakan awal yang baik dalam penyebaran kampanye Zero Waste yang lebih masif pada tahun 2019 ini.

Keceriaan di TOT ZWL

Pada TOT kedua, sudah ada satu orang relawan trainer yang langsung diterjunkan untuk magang dan membawakan bagian pelatihan ZWL. Trainer tersebut adalah peserta pada TOT yang pertama, yaitu Ayu Kusumawati. Ayu mengambil bagian dan berbagi peran dengan dua trainer pada periode sebelumnya yaitu Sri Wulandari (Iwut) dan David Christian Hutagaol (David CH). Ketiganya disupervisi oleh Anil sebagai Koordinator Program Trainer YPBB.
 

Ayu Kusumawati (trainer magang dari TOT 1),David CH (trainer magang angkatan sebelumnya) dan 
Sri Wulandari / Iwut (trainer & staf YPBB)

Liputan beserta foto-foto kegiatan TOT ini dapat dilihat dari tulisan dan jepretan para "Relawan Foto & Liputan YPBB" yang bertugas pada saat itu, terima kasih kepada Felita Tansy, Nila Lestari & Neni Anggraeni yang telah meluangkan waktunya dan membantu mendokumentasikan kegiatan ini. :)

Relawan Foto & Liputan (ki-ka: Nila Lestari, Felita Tansy, Neni Anggraeni)

Liputan Felita Tansy: bit.ly/LiputanTOTFelita

Sharing Neni Anggraeni: bit.ly/IGNeniTOT1 dan bit.ly/IGNeniTOT2

Relawan Trainer 8 Desember 2018
Relawan Trainer 15 Desember 2018

Ke-35 trainer siap diterjunkan sebagai garda depan penyebaran informasi tentang gaya hidup selaras alam kepada masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya.
Apakah Anda juga ingin mendapatkan pelatihan sejenis untuk komunitas Anda?

Dapatkan informasinya melalui link dibawah ini:
Proposal Kerjasama Penyelenggaraan Pelatihan: bit.ly/ProposalZWLYPBB
TOR Pelatihan ZeroWaste Lifestyle: bit.ly/TORZWL
Formulir Pengajuan Kemitraan: bit.ly/FormulirMitraZWL

Salam Organis!





You Might Also Like

0 komentar