Welcome to our website !

Urban Center YPBB

By 3:17 PM



Urban Center YPBB adalah sebuah fasilitas kampanye untuk gaya hidup organis (gaya hidup ramah lingkungan) yang berkelanjutan YPBB khusus untuk daerah perkotaan.
Melalui urban center, pengunjung yang datang ke urban center bisa mendapatkan berbagai wawasan dan pengalaman konkrit khususnya dalam aspek gaya hidup zero waste. Yang paling utama adalah bagaimana cara mengurangi konsumsi material yang berpotensi menjadi sampah dan kemudian bagaimana cara mengelola material yang sudah terlanjur kita hasilkan.


Untuk pengelolaan material yang terlanjur dihasilkan terdapat berbagai sarana media salahsatunya adalah melalui tempat pemisahan sampah non organis. Melalui media tempat pemilahan tersebut pengunjung akan mulai mengenali jenis-jenis material sampah, bagaimana dampaknya terhadap lingkungan dan bagaimana cara menguranginya.
Di urban center juga tersedia media edukasi untuk mengelola sampah organis melalui beberapa aplikasi teknologi sederhana, diantaranya melalui alat pengkomposan takakura, lobang resapan biopori dan biodigester. Melalui media-media tersebut pengunjung bisa mendapatkan wawasan tentang bagaimana cara mengelola sekaligus mengolah sampah organis yang dihasilkan. Untuk pengunjung yang tertarik ingin memiliki alat pengkomposan sederhana atau alat penunjang gaya hidup zero waste lainnya, bisa langsung mendapatkannya di “toko organis” yang memang menjadi salahsatu bagian fasilitas yang terdapat di urban center khusus untuk menyediakan berbagai sarana penunjang gaya hidup zero waste dan hidup organis lainnya.
Selain fungsi edukasi melalui berbagian sarana yang dijelaskan diatas, fungsi lain dari urban center YPBB adalah sebagai sarana berkegiatan untuk staf, relawan dan komunitas YPBB  dan publik pada umumnya. Untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan komunitas maka Urban Center menyediakan sarana ruang publik yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan diantaranya : meeting points, rapat, workshop, pelatihan, dll. Di urban center Sarana ruang tersebut dinamakan sebagai “ruang pertemuan”.
Ruang pertemuan urban center bisa menampung aktivitas kegiatan workshop dan pelatihan untuk kurang lebih sekitar 25-30 orang dengan posisi duduk lesehan (duduk di bawah dengan menggunakan alas karpet/tikar).
Namun tidak hanya lesehan, ruang pertemuan juga bisa dan biasa digunakan untuk aktivitas yang menggunakan kursi dan meja, biasanya posisi seperti ini biasa digunakan untuk kegiatan rapat untuk 20 orang.
Untuk mensupport kegiatan di ruang pertemuan, urban center menyediakan fasiltas tambahan untuk alas dan tempat duduk yaitu karpet dan juga kursi lipat. Kemudian ada juga fasiltas lainya seperti ruang untuk shalat (mushola) dan juga ruangan untuk konsumsi (snack dan makan). Jika dibutuhkan, tersedia juga proyektor untuk menunjang kegiatan presentasi.
Ruang pertemuan urban center bisa digunakan oleh umum, jadi untuk yang tertarik ingin menggunakan dan melakukan kegiatan di ruang pertemuan urban center YPBB, silahkan untuk mengirimkan surat peminjaman melalui email ke urbancenter@ypbb.or.id atau bisa juga dengan mengirimkan surat offline ke alamat urban center YPBB di Jl. Sidomulyo no 21 Sukaluyu, Bandung.
Untuk informasi lainnya tentang urban center dan peminjaman ruang pertemuan urban center YPBB silahkan kirim email ke urbancenter@ypbb.or.id atau ke nomor ponsel YPBB 082218731619.

You Might Also Like

0 komentar