Welcome to our website !

Lampu Panel Surya di Bandasari

By 10:29 PM ,

Tenaga listrik merupakan salah satu energi yang dibutuhkan untuk menjalankan peralatan rumah tangga, peralatan perkantoran, mesin industri dan terutama untuk penerangan. Tenaga listrik yang dapat kita nikmati sehari-hari berasal dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang rata-rata menggunakan sumber energi tidak terbarukan seperti minyak bumi dan batu bara. Sumber energi yang tidak terbarukan ini akan habis jika terus digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik.

Hal ini menjadikan sumber energi terbarukan menjadi salah satu alternatif untuk dijadikan  sebagai sumber tenaga listrik. Sumber energi terbarukan itu seperti matahari, angin, panas bumi, dan air.
Memang sumber energi terbarukan ini belum banyak digunakan. Padahal energi terbarukan ini memiliki banyak keuntungan, seperti :

  1.   Ramah lingkungan
  2.   Bentuk energi yang berkelanjutan karena menggunakan sumber daya alamiah
  3.   Bisa menjangkau tempat-tempat terpencil

Keuntungan-keuntungan dari sumber energi terbarukan ini menjadi salah satu daya tarik seorang siswa SMA Binus Simprug untuk menjadikan project kenaikan kelasnya. Siswa tersebut bernama Adika Artiatama Witoelar. Adika, begitu dia disapa ini. Memilih lampu solar panel yang menggunakan tenaga surya sebagai sarana penerangan.





Adika memasang lampu dengan tenaga surya ini di Eco village (milik Perkumpulan YPBB dan Kuncup Padang Ilalang) kawasan Banda sari Soreang. Kawasan tersebut memang masih minim memperoleh tenaga listrik dari PLN. Pemasangan lampu tenaga surya ini dipasang sendiri oleh Adika pada Januari 2016 lalu.

Dengan adanya lampu dengan tenaga surya ini bisa membuat Eco Village di kawasan Banda Sari pada malam hari tidak gelap lagi dan bisa membuat Eco Village di kawasan Banda Sari menjadi eco village yang berkelanjutan.


You Might Also Like

0 komentar