Welcome to our website !

Semua Event BISA Zero Waste!

By 12:46 AM ,



Dalam kehidupan kita sehari-hari tak jauh dari namanya event ataupun kegiatan. Seperti contoh kecil adalah event rapat atau pentas seni . Dalam event ini ada sampah yang kita hasilkan pastinya. Mungkin diantara kita sudah tahu bahwa beberapa event yang dilaksnakan pasti menghasilkan sampah yang cukup banyak. Walau dalam event atau kegiatan pasti disediakan tempat sampah dan mewajibkan para peserta ataupun pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya. Tapi membuang sampah pada tempatnya belumlah cukup karena sebenarnya hanya memindahkan masalah saja.

Sampah yang dihasilkan oleh kita itu akan berpindah tempat saja dari tempat sampah di event kemudian di angkut ke TPS (Tempat Pembuangan Sementara) dan kemudian berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sampah yang kita hasilkan dalam event ini tidak hanya sekedar membuang sampah pada tempatnya tetapi perlu memikirkan sesudahnya, sampah tersebut hanya akan menjadi masalah di tempat lain yaitu TPA .


Ada atau tidaknya sampah yang dihasilkan dari sebuah event atau kegaitan bergantung pada para penyelenggaranya (event organizer). Event Organizer (EO) ini bertanggung jawab dari awal dalam proses perencanaan sebuah event sehingga event tersebut dapat diselenggarakan dengan menerapkan sistem Zero Waste Event.

Konsep Zero Waste Event mulai dikembangkan di Indonesia oleh YPBB sejak tahun 2007. Dengan menerapkan konsep ini, berbagai event yang diselenggarakan tidak akan menghasilkan sampah, baik di area event ataupun di TPS dan TPA.

Melalui Pelatihan Zero Waste Event, masyarakat, khususnya event organizer, dikenalkan dengan konsep Zero Waste Event dan diharapkan menerapkan konsep ini di setiap event yang diselenggarakannya.

Pelatihan Zero Waste Event yang akan diselenggarakan selama bulan Mei ini untuk 8 sekolah yang telah mengikuti pelatihan Zero Waste Lifestyle (ZWL). Pelatihan Zero Waste Event ini termasuk dalam rangkaian program Imagine Bandung bersama XL dan MyOyeah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada para perangkat sekolah bahwa event yang dibuat bisa tidak menghasilkan sampah. Hal ini bisa menjadi nilai plus dari sebuah event yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah.

Tak ingin terlewatkan informasinya simak timeline twitter @ypbbbdg dan juga page YPBB Bandung.


You Might Also Like

0 komentar