Welcome to our website !

Program Imagine Bandung kerjasama YPBB, XL, dan My Oyeah

By 3:53 PM



Setahun yang lalu YPBB berkesempatan untuk mempresentasikan ide tentang program kampanye Zero Waste Lifestyle (ZWL) di acara Imagine Bandung pada 23 Maret 2013. Ide yang kami presentasikan dan diajukan ke dalam website imaginebdg.com memperoleh hasil .  Kami menjadi salah satu dari 3 (tiga) penerima hadiah dalam program Imagine Bandung.
 photo by dok. YPBB dan twitter @imaginebdg

Terima kasih atas hadiah yang telah diberikan XL dan My Oyeah pada kami. Semoga hadiah yang telah diberikan dalam program Imagine Bandung ini akan kami gunakan untuk program kampanye zero waste
 photo by Rahyang
Hadiah ini digunakan oleh kami untuk beberapa program kampanye zero waste, antara lain :
1.       Perbaikan sarana dan pengadaan fasilitas penunjang hidup zero waste di Urban Center YPBB
Urban Center YPBB dapat dijadikan satu contoh untuk belajar penerapan gaya hidup selaras dengan alam. Urban center ini dijadikan pusat aktivitas kampane gaya hidup  zero waste yang berkelanjutan di kawasan perkotaan.
2.       Pelatihan Zero Waste Lifestyle (ZWL) untuk 8 (delapan) SMA dan SMK
Merupakan pelatihan pengelolaan sampah yang diberikan kepada perangkat sekolah(Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Pengelola Kantin, Petugas Kebersihan, dan Pengurus OSIS). Dalam pelatihan ini perangkat sekolah diberikan informasi yang akan membantu mereka melepaskan diri dari persoalan sampah, dan tentunya tanpa merugikan orang lain ataupun menimbulkan masalah lingkungan yang lebih besar di masa mendatang. Dengan pemahaman yang tepat, masyarakat dapat menyelesaikan 70% persoalan sampah di tingkat sekolah hanya dengan beberapa langkah sederhana.
3.       Pelatihan Zero Waste Event (ZWE)
Zero Waste Event (ZWE) merupakan upaya pengurangan sampah dari suatu event yang diselenggarakan dan proses edukasi kepada peserta event tentang pentingnya mengurangi dan memisahkan sampah dari awal. Tujuan Pelatihan ZWE ini ditawarkan ke pihak sekolah adalah agar peserta dapat mengenal konsep ZWE dan memahami konsep serta sistem yang ada didalamnya. Harapannya nanti pihak sekolah dapat menyelenggarakan event dengan meminimalisir sampah menuju nol sampah (zero waste).
4.       Pengadaan contoh fasilitas pengelolaan sampah di sekolah
Merupakan penyediaan fasilitas tambahan yang diberikan kepada pihak sekolah dan telah mengikuti pelatihan ZWE sebelumnya. Pengadaan contoh pengelolaan sampah di sekolah yang diberikan terdiri dari 1 (satu) paket Keranjang Takakura (Model teknologi pengelolaan sampah skala komunitas), 1 (satu) set tempat pemisahan sampah (4 jenis wadah sampah) dan 1 (satu) buah bor biopori.Harapannya ini bisa menjadi model teknologi pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan sebagai media edukasi pengelolaan sampah di sekolah.
5.      Markinon (MARi KIta NOnton dan Ngobrol)
Kegiatan ini mengajak seluruh peserta mengenal, mendalami, berbagi pendapat, pengalaman, dan saran seputar gaya hidup zero waste dengan media film. Harapannya peserta dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan terkait persoalan sampah dan menjadi media pembelajaran serta berbagi pengalaman seputar gaya hidup zero waste.
Kegiatan MARKINON ini bukan hanya di hadiri oleh peserta yang telah mengikuti rangkaian program Imagine Bandung, kegiatan ini bisa di hadiri oleh khalayak umum.

Keenam kegiatan diatas akan berlangsung dari bulan Maret sampai Agustus 2014. Detail kegiatannya :

-       Perbaikan sarana dan pengadaan fasilitas penunjang hidup organis di Urban Center YPBB.
Kegiatan ini sudah berjalan di bulan Maret 2014. Saat ini kami telah melakukan pembelian barang-barang penunjang hidup organis. Untuk barang-barang penunjang hidup organis yang dibeli bisa dilihat di sini .
Dan sekarang dalam tahap memperbaiki sarana di Urban Center YPBB.

-   Pelatihan Zero Waste Life Style (ZWLS)untuk 8 (delapan) sekolah setingkat SMA dan sederajat
Kegiatan pelatihan ZWLS ini berlangsung dari tanggal 17 April sampai tanggal 30 April 2014
-       Pelatihan Zero Waste Event (ZWE)
Pelatihan ZWE ini berlangsung di bulan Mei 2014
-       Pengadaan contoh fasilitas pengelolaan sampah di sekolah
Pengandaan fasilitas sampah di sekolah berlangsung di bulan Mei 2014
-       Markinon (MARi KIta NOnton dan Ngobrol)
Kegiatan MARKINON ini akan berlangsung di bulan Juni sampai Agustus 2014



Ingin mengetahui cerita lebih lengkapnya? Nantikan posting dari kami untuk informasi terbaru.

You Might Also Like

0 komentar