Welcome to our website !

Perjalanan Panjang Menelusuri 20 Tahun YPBB

By 1:31 PM




Bandung (2/6/13). Bukan proses yang mudah bagi suatu organisasi untuk mempertahankan eksistensi dan idealismenya dalam mencapai visi dan misi yang diyakininya. Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB) adalah  salah satu di antara banyak organisasi yang bisa mempertahankan eksistensi dan idealisme dalam mencapai tujuannya dalam menjaga keseimbangan alam. Tepat hari ini, 20 tahun yang lalu, YPBB didirikan untuk mengajak masyarakat untuk mulai bergaya hidup organis. Adalah David Sutasurya yang dengan semangat membangun YPBB bersama dengan orang-orang yang satu visi dengannya, yaitu gaya hidup organis, dan membangun organisasi ini..

Pada acara syukuran ulang tahun yang ke-20 ini, YPBB mengajak publik untuk bersama-sama belajar bagaimana  bergaya hidup organis. Bertempat di kantor YPBB di Jalan Sidomulyo No.21 dengan konsep open house, YPBB mengundang siapapun yang memiliki ketertarikan untuk memulai gaya hidup organis yang dilakukan dalam berbagai macam kegiatan.



Acara pagi hari dimulai dengan kegiatan “Do It Yourself! : Kaos Bekas Jadi Tas”, mengajak audiens yang hadir untuk membuat tas pakai ulang pengganti kantong plastik dari kaos bekas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak mengurangi penggunaan kantong plastik dan memanfaatkan ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Seremonial Ulang Tahun. David Sutasurya, yang merupakan direktur dari YPBB memaparkan sejarah panjang bukti konsistensi YPBB dalam mengampanyekan gaya hidup organis. Tak ketinggalan, beliau pun mengenalkan tim YPBB kepada para tamu yang hadir. Harapannya, banyak dari relawan yang berkegiatan di YPBB yang memiliki kemauan untuk berkontribusi lebih di YPBB, yaitu dengan menjadi staf. Karena beliau meyakini bahwa staf yang berasal dari relawan sudah mengenal YPBB dengan baik dan diharapkan bisa menjadi agen perubahan dalam mewujudkan visi dan misi bersama. Para staf inilah yang mengambil peranan sebagai supporting system yang akan “meracik” berbagai “menu aktivitas” yang kemudian siap “dinikmati” oleh anggota komunitas, relawan dan para mitra.

Tetapi..  apapun yang sedang kami perjuangkan ini tidak ada artinya tanpa peran serta  banyak orang. Dan sebenarnya, menstimulasi keterlibatan banyak orang dalam gerakan hidup organis inilah yang menjadi tujuan utama pengembangan YPBB sejak tahun 2007”, ujar David Sutasurya dalam Testimonial #20thYPBB  Untuk Teman-teman (untuk lengkapnya dapat dilihat di sini)

Secara simbolik, syukuran ini ditandai dengan memberikan potongan tumpeng kepada relawan YPBB yang memiliki kontribusi waktu paling banyak selama tahun 2012, yaitu Hatta yang telah mulai berkegiatan sepanjang tahun 2012. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pertemuan relawan tahunan, Pertemuan ini merupakan ajang berbagi antar relawan lama dan baru. Banyak sekali kisah yang memotivasi kita untuk berrelawan, baik di YPBB maupun di komunitas lainnya. Foto-foto lengkap Ulang Tahun #20thYPBB dapat dilihat di Facebook YPBB Bandung, di sini dan di sana .


Dalam mewujudkan kantor yang ramah anak, YPBB dalam setiap kesempatan selalu memasukkan agenda kegiatan anak-anak. Pada acara syukuran ulang tahun ini, ada aktivitas membuat hasta karya dari dedaunan kering yang didampingi oleh Asep dkk. dari Rumah Pelangi, Story-Telling tentang Hutan oleh Wahyu, pemutaran video Opini Masyarakat Mengenai Sampah oleh Tim Revolustar, dan terakhir adalah pertunjukan boneka bertemakan sampah dari Puppet Skolae.

Selain acara yang yang disebutkan di atas, setiap sudut di kantor ini dimanfaatkan untuk edukasi lingkungan. Khusus hari ini, pada Pojok Repair ada fasilitas dropbox untuk repair payung yang sudah rusak. Pameran mini Kereta Kota mengenai persoalan sampah, dropbox Donasi untuk kebutuhan kantor, dan demonstrasi penggunaan biopori.

Dalam memenuhi kebutuhan untuk menunjang gaya hidup organis, mulai tahun 2013 ini, YPBB mengembangkan usaha toko organis yang menyediakan beberapa fasilitas untuk mendukung gaya hidup yang organis dan zero waste.

Acara syukuran ulang tahun ini didukung oleh 17 mitra. Mereka adalah Greeners Magazine, Respect Magazine - Perkumpulan Indonesia Berseru, baGoes - Greeneration Indonesia, Mahanagari, DPKLTS, Walhi Jawa Barat, Bike BDG, FK3I, Tobucil, AshokaIndonesiaYayasan Kopernik, Komunitas Sahabat Kota, Yayasan Kontak Indonesia, Bandung Berkebun, KAIL (Kuncup Padang Ilalang), Uda Gembul,  Twin Tulipware Indonesia dan Bandung Review sebagai media partner. Sebagian besar dari mitra ini sudah berkolaborasi dengan YPBB dalam rentang waktu 20 tahun ini.

Kami mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas partisipasi kawan-kawan baik relawan, anggota komunitas dan mitra yang telah berperan dalam perjalanan panjang 20 Tahun YPBB ini. Semoga tetap bersemangat, dan Salam Organis!! [RHY ]



You Might Also Like

3 komentar