Welcome to our website !

Bersama Mencapai Mimpi

By 11:51 PM


Mimpi dan harapan. Itulah ‘bekal’ yang dibawa oleh masing-masing relawan yang datang ke acara Pertemuan Relawan YPBB Bandung (28/01/12) yang digelar di Kantor LPTT daerah Sadang Tengah, Sadang Serang, Bandung.

Acara ini digelar untuk memfasilitasi para relawan yang pernah berpartisipasi dalam acara-acara yang dilaksanakan oleh YPBB Bandung di periode 2011-2012. Acara ini bertujuan untuk temu-kangen antara staf dan relawan YPBB, sekaligus berbagi pengalaman dan harapannya selama menjadi relawan YPBB. Dihadiri oleh sekitar 20 orang relawan dan juga staf YPBB bersama keluarga, acara ini dimulai dengan pemutaran film-film pendek yang bertemakan tentang kerelawanan di dunia, seperti Why Volunteering is Important?” dan juga beberapa kisah dari tokoh relawan di PMI Internasional.

Anilawati Nurwakhidin sebagai presentator di hari itu kemudian berbagi tentang berbagai acara yang telah diikuti relawan selama tahun 2011-2012, sembari memperlihatkan beberapa foto-foto menarik saat acara berlangsung. Misalnya pada pelatihan Zat Aditif yang bekerja sama dengan Komunitas Sahabat Kota (KSK) dan KNLH Walhi, Pelatihan Tim Kampanye Zero Waste Lifestyle, Markinon (Mari Kita Nonton),  beberapa workshop internal YPBB, serta Kereta Kota di taman Cilaki Bandung yang ramai dikunjungi masyarakat. Sesaat kemudian, Anil mengajak para relawan yang datang untuk menggambar di atas kertas dan berbagi tentang harapan ketika menjadi relawan dan staf YPBB. Beberapa relawan mulai bercerita tentang awal mereka tertarik untuk bergabung dengan YPBB hingga harapan yang dibawa masing-masing. Melly Amalia, seorang staf YPBB yang mulai berkegiatan dengan YPBB sebagai relawan berujar “saya berharap YPBB dapat menjadi rumah kedua bagi Saya”. Kebanyakan relawan menemukan bahwa dengan berpartisipasi dalam kegiatan YPBB, mereka menemukan banyak kontribusi terhadap pengembangan kapabilitas pribadi, membuka wawasan baru terutama dalam bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, juga membuka jaringan sosial yang lebih luas. Relawan dan para staf juga saling berefleksi, sudah sejauh mana pencapaiannya dari harapan yang diutarakan.

Ketika istirahat, para relawan diberi sesajian berupa cemilan khas tradisional seperti klanting, awug, klepon, getuk, dan ali agrem.


Dihibur oleh sajian musik oleh grup yang menamakan diri sebagai Grup Relawan Bersahaja (Dom, Dody dan Meiky),  membawakan lagu-lagu dari Radiohead dan Iwan Fals dan saling bercerita bersama relawan yang hadir.

Di penghujung acara, Anil menyampaikan bahwa jumlah total relawan yang berkegiatan di tahun 2011 adalah sejumlah 70 orang dengan total Jumlah Jam Relawan yang dikumpulkan sejumlah 939.24 jam. Seorang relawan yang cukup aktif dalam dunia kerelawanan di kota Bandung, Rahyang Nusantara, mendapat titel sebagai relawan dengan kontribusi jumlah jam relawan terbanyak pada kegiatan YPBB. Rahyang menjelaskan bahwa awalnya ia menjadi relawan untuk mengisi waktu luangnya sebagai mahasiswa, hingga akhirnya kini cukup eksis dan juga banyak mendapatkan pelajaran yang berharga dari partisipasi aktifnya.


Sebagai penutup, Anil mendaulat David Sutasurya untuk secara simbolis memberikan suvenir berupa tas kain dari divisi Relawan YPBB dan sertifikat relawan untuk Rahyang, kemudian ditutup dengan acara foto bersama sebagai keluarga besar YPBB Bandung. Tak lupa Anil mengingatkan bahwa relawan yang sudah terdaftar sebagai relawan aktif YPBB 2012 sudah banyak, yaitu 139 orang.


Bagi Anda yang juga ingin tergabung dalam keluarga besar YPBB Bandung sebagai relawan, mari segera bergabung dan isi form pendaftarannya disini. Tidak terbatas usia, pekerjaan atau domisili, mari berkegiatan bersama!

Sungguh suatu kehormatan dapat bekerja bersama dengan kalian semua, dan sampai jumpa di kegiatan-kegiatan YPBB selanjutnya! (win)

You Might Also Like

0 komentar