Welcome to our website !

Merayakan Relawan !!!

By 4:49 PM ,

Semangat untuk berbuat suatu kebaikan tanpa pamrih adalah semangat bersama relawan YPBB. Semangat inilah yang membuat YPBB terus menyala, terus berkarya untuk mewujudkan kualitas hidup manusia yang lebih baik, harmonis dengan lingkungan alam.



Untuk menghargai jasa para relawan inilah, YPBB mengadakan acara "Temu Relawan YPBB", yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 8 Januari 2011 yang lalu. Bertempat di kantor Detik Bandung, Jl. Lombok 33 Bandung. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 40 peserta ini dibuka oleh Rikrik seorang relawan “senior” YPBB, yang dengan lihai mewarnai udara siang itu sehingga semua peserta terlihat bersemangat dan antusias untuk mengikuti acara sampai selesai. 
Setelah melakukan perkenalan singkat, duet presenter ini lal mengajak peserta untuk melakukan permainan kartu. Dalam permainan ini, para peserta diwajibkan untuk memberikan opini atau mengintepretasikan gambar pada kartu yang mereka dapatkan. Responnya bermacam-macam ada yang menjawab dengan serius, lucu, bahkan kurang nyambung. Dalam permainan ini tidak ada salah dan benar. Semua orang bebas berpendapat dan saling menghargai pemikiran satu sama lain. 
Pada kegiatan kali ini, hadir juga wajah-wajah baru yang beberapa diantaranya datang jauh-jauh dari Bekasi. Kedatangan mereka ternyata mampu menambah semarak kegiatan, dan seakan menegaskan semangat relawan untuk terus berkegiatan, berkarya bersama-sama.
Adalah sesi membuat terarium, sebagai sesi yang cukup banyak memancing rasa penasaran peserta yang datang ke sana. Animo ini tersirat dari wajah-wajah yang memerhatikan dengan seksama saat Rima - sang koordinator divisi relawan YPBB - mulai menjelaskan secara rinci mengenai apa itu terarium, mengapa dia menjadi topik yang menarik, dan yang terpenting adalah, bagaimana cara membuatnya.
Membuat terarium memang jauh lebih mengasyikan daripada mendengar penjelasannya. Diselingi tawa dan canda saat membuatnya, para peserta akhirnya tak mampu menyembunyikan rasa senangnya ketika terarium mereka sudah jadi. Senyum lebar menghias, saat mereka menunjukan dengan bangga “Inilah terariumku!”



Beranjak sore, sesi penjelasan program relawan YPBB pun dimulai. Anil, salah seorang staff YPBB menjelaskan mengenai apa itu relawan, apa saja yang telah dilakukan relawan YPBB, pada sesi ini Fahmi Dinni aka Ami seorang guru PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) di sebuah Sekolah Dasar dan Susan Huningrum Krisanti mahasiswi arsitektur ITB diminta untuk berbagi cerita mengenai pengalaman mereka selama berkegiatan menjadi relawan di YPBB. Di penghujung sesi, tibalah waktunya pengumuman dan pemberian penghargaan terhadap relawan YPBB teraktif tahun 2010. Kali ini predikat relawan teraktif jatuh pada Rikrik Sunaryadi seorang trainer di Wahana Experiential Learning (WEL).
Mungkin banyak yang belum mengenal relawan teraktif YPBB ini, namun jasa mereka sungguh berarti bagi perjuangan YPBB. Semoga apa yang telah mereka lakukan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berjuang, tak kenal menyerah sebelum apa yang dicita-citakan tercapai.
Sesi terakhir dalam susunaan acara ini adalah membuat makanan bareng dari bahan lokal. Ide yang diinisiasi oleh para relawan YPBB ini dinilai sangat ampuh untuk membuat suasana tetap segar sepanjang kegiatan berlangsung. Apalagi mengingat salah satu makanan yang dibuat adalah rujak dari buah-buahan segar yang langsung diambil dari pohonnya.
Pada sesi ini, Jessis salah satu anggota dari panitia pelaksana memberikan pengantar mengenai macam-macam bahan baku makanan lokal. Yang pada intinya adalah mengajak para peserta untuk mengenali dan lebih banyak menggunakan bahan baku makanan lokal untuk mengurangi semakin maraknya penggundulan hutan untuk pemenuhan kebutuhan akan lahan bercocok tanam. 
Selain membantu mendorong potensi ekonomi masyarakat lokal, kita juga sudah berkontribusi mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari proses distribusi jika kita menggunakan bahan baku makanan impor.



Pertemuan relawan hari itu di tutup dengan wajah-wajah gembira. Semoga kebersamaan ini tidak hanya untuk sementara namun akan terjalin juga di kemudian hari untuk mewujudkan cita-cita bersama membuat lingkungan yang lebih baik untuk kita semua.

Berikut adalah data mengenai kegiatan relawan YPBB pada tahun 2010:

Total jumlah relawan di tahun 2010: 74 orang 
Total jumlah jam relawan di tahun 2010: 601, 6 jam
Kegiatan relawan YPBB di tahun 2010 - 2011:

  • Penterjemah tesis, subtitle film untuk acara MARKINON
  • Pertemuan tim trainer
  • Pertemuan relawan tahunan
  • Pameran  
  • ZeroWaste LifeStyle  
  • Pelatihan Tim Kampanye Zero Waste
  • Desain Poster Cara Penggunaan Takakura
  • Kereta Kota  




















You Might Also Like

0 komentar