Welcome to our website !

Pejuang REUSE beraksi!!

By 11:42 PM

Zero Waste Community mendapatkan barang hibah ATK yang masih layak pakai dari Abah (salah satu anggota komunitas). Jumlahnya lumayan banyak, berkardus-kardus. Menurut Abah, ATK bekas layak pakai ini, bila jumlahnya sudah cukup banyak, bisa sampai dibakar. Wah sayang sekali...sehingga muncul ide untuk melakukan pendataan dan mendistribusikan barang-barang ini kepada yang membutuhkannya. 
Dalam hal ini prinsip REUSE-lah yang dipergunakan: menggunakan ulang barang-barang. Kalau masih bisa dipakai, kenapa enggak?
Hari ini (Minggu, 11 Juli 2010) telah dilakukan pendataan barang-barang ATK. Dari jam 12:30 telah datang 1 PEJUANG REUSE kita yaitu Vany. Tak lama kemudian, bardatanganlah para PEJUANG lainnya. Semuanya berjumlah 10 orang yaitu Sawung, Vany, Bu Nia, Eva, Arie, Piki, Ardi ypbb, Endah, Ardi dan Ana.
Pada awalnya kami mengeluarkan barang-barang dari garasi ke ruang tengah Kantor Walhi. Barang-barang dikumpulkan sesuai dengan jenis dan ukurannya masing-masing. Bermacam ATK kami data satu persatu, mulai dari clip, clear holder, folder, binder, display book dan map plastik. Wah, masing-masing terdiri dari berbagai macam ukuran dan warna. 
Setelah dilakukan pengelompokan, kemudian kami melakukan penghitungan dari masing-masing jenis benda. Semua kegiatan ini, kami lakukan dengan suasana santai dan tentunya sambil ngobrol ke sana kemari. Obrolannya cukup bervariasi, mulai dari obrolan serius diantara para guru. Sebagai info, ada 3  guru PEJUANG REUSE (Bu Nia, Eva dan Ardi). Ceritanya sampai ke metode mengajar dan sertifikasi. Kemudian ada cerita seru dari Bu Nia dan anak-anak SMP 11 (wah, makin seru pergerakan mereka). Kemudian menyangkut obrolan tentang kabar masing-masing dan tentunya tak ketinggalan gosip seru dan candaan segar lainnya.

Ada cerita menarik terkait pendataan binder. PIki dan Endah berduet untuk melakukan penghitungannya. Mereka melakukan proses penghitungan berkali-kali karena memang jumlahnya sangat banyak. Sampai-sampai mereka berdua cukup melirik sekilas binder dan langsung tahu ukuran detilnya (hihihih, siap kerja di Balubur sepertinya). 

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 16:45. Pekerjaan ternyata belum juga beres. Kami memutuskan untuk berkumpul sejenak guna memetakan rencana kerja selanjutnya sekaligus mendata pekerjaan yang masih tertunda. Dari obrolan-obrolan hari ini muncul berbagai macam ide tentang cara penentuan harga, model penjualan, sampai ke tempat penjualan. Setelah obrolan usai, mulai ada beberapa PEJUANG yang berpamitan pulang (rencana waktu awal pendataan memang sampai pukul 17:00). PEJUANG yang tersisa membereskan pekerjaan yang belum selesai. Sawung dan Vani sibuk membuat daftar harga dan memfoto contoh barang. Anil, Piki dan Endah melakukan finalisasi urusan binder dan Ari spesialis menata barang yang telah beres dihitung. 
Hari yang menyenangkan :) Terimakasih kepada seluruh PEJUANG REUSE! Moga waktu yang telah kita curahkan hari ini menjadi langkah kecil kita untuk menuju ZERO WASTE. Ucapan terimakasih diucapkan atas segala peminjaman fasilitas. Mulai dari kamera milik Ami dan Sawung, sampai ke peminjaman ruangan dari Walhi (ditambah bonus keributan dari para PEJUANG REUSE selama melakukan pendataan). Sampai bertemu di kegiatan selanjutnya!

You Might Also Like

6 komentar