Welcome to our website !

YPBB: Di Jejaring Sosial, Ada 1.800-an

By 5:11 PM ,

Oleh: Dedy Herdiana, wartawan Tribun Jabar

HINGGA saat ini jumlah peserta kegiatan yang biasa dilakukan YPBB, paling banyak hanya 30 orang.  Namun ketika ada kegiatankegiatan yang outdoor seperti pameran-pemaren dalam kegiatan lingkugan yang umum, biasanya bisa mencapai 100 orang simpatisan YPBB sering datang ke lokasi pameran. Bahkan di alamat Facebook-nya, YPBB Bandung telah memiliki 1800-an teman.

"Karena kalau setiap kegiatan yang dilakukan di dalam ruangan itu, biasanya tematis. Sehingga para peserta yang datang juga biasanya menyesuaikan dengan tema yang disukainya," kata Direktur Eksekutif YPBB, David Sutasurya.


Saat  nonton bareng tentang Citarum dengan tema Airku Hidupku di Walhi Jabar, Jumat (26/3) lalu, peserta diberi tontonan film dokumentasi perjalanan yang disutradarai oleh Indrasitas, yang merekam dinamika Sungai Citarum, dan aktivitas kehidupan di sekitar sungai itu.

Dalam diskusinya, diiwarnai pemikiran mengenai lambatnya respons terhadap bencana DAS Citarum dan fokus pemerintah yang selalu berkonsentrasi pada penyelesaian masalah dengan pembangunan infrastruktur. Kompleksnya permasalah di sekitar bencana yang terjadi di Citarum menuntut penyelesaian yang tidak mudah. Karena banyak pihak yang terlibat dalam masalah di Citarum, maka peran banyak pihak, termasuk setiap individu, untuk menyelesaikan masalah Citarum menjadi prasyarat utama.

Sedangkan pada Nonton Bareng tentang Listrik dan Mikro Hidro, peserta disuguhi tontonan Tri Mumpuni, pelepor listrik rakyat dari Subang yang merupakan film cortesy dari Trans TV. Dalam film itu dicseritakan Tri Mumpuni berhasil membuat pembangkit listrik dari Mikro Hidro dengan hanya memanfaatkan sedikit air dari sungai yang mengalir di kawasan tempat tinggalnya Desa Sagalaherang.

Dari semua kegiatan itu, dikatakan David, yang penting kita bisa mengusahakan aga bersikap dulu secara individu. Mudahmudahan sikap kita dicontoh oleh orang sekitar. Seperti Mikro hidro sebaiknya, sikap Tri Mumpuni bisa ditiru. Begitu juga dengan soal air yang kerap menimbbulkan banjir, sebaiknya individu dulu melakukan agar air hujan yang jatuh tidak ada air larian yang keluar dari rumah, atau dengan kata lain tahan semua air hujan yang masuk ke areal rumah. (dedy herdiana)

You Might Also Like

0 komentar