Welcome to our website !

Teacher's Green Day

By 12:45 PM

Greeners magazine disponsori oleh Indonesia Power telah bekerja sama untuk menyediakan suatu acara pelatihan bagi para guru mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup di lingkungan kota Bandung. Indonesia Power yang merupakan salah satu anak perusahaan PLN merupakan perusahaan yang peduli dengan keberlangsungan linglungan hidup. Indonesia Power merupakan perusahaan pembangkit daya listrik, yang memiliki beberapa stasiun pembangkit listrik seperti salah satunya adalah PLTA Dago Bengkok yang terletak di Bandung utara (dekat terminal Dago).
Indonesia Power bekerja sama dengan Greeners (majalah 'hijau' yang punya motto 'ecofriendly life style') dan YPBB mengadakan serangkaian pelatihan bagi guru-guru Pendididikan Lingkungan Hidup Bandung bertempat di Aula PLTA Dago Bengkok. Melalui MGMP PLH kota Bandung, panitia menghimpun guru-guru PLH untuk mengikuti acara ini. Lebih tepat dikatakan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan alternatif cara pembelajaran pendidikan lingkungan hidup supaya lebih menarik dan mengasyikkan bagi para siswa, jadi bukan untuk mengajari para guru. Rangkaian acara ini akan berlangsung dalam beberapa bulan sejak 22 Februari 2008.


Dalam acara ini YPBB berperan sebagai pembawa materi. Materi yang disampaikan dalam sesi pertama ini adalah mengenai sampah. Sampah yang akhir-akhir ini telah menjadi perhatian penduduk Bandung lebih tepat digunakan sebagai suatu topik pembuka karena materi pendidikan lingkungan juga harus nyata dan up to date. Diikuti oleh 22 orang guru dari berbagai sekolah, acara berlangsung mulai pukul 14.00 - 17.30. Materi disampaikan oleh Anil dibantu Ardi (sebagai asisten) dan Yono (teknis & dokumentasi).

Acara berlangsung cukup menarik dengan tanggapan dari peserta yang cukup beragam tentang materi yang telah disiapkan tim YPBB. Dalam simulasi acara pembelajaran PLH, para guru berperan sebagai murid di kelas ini dan mencoba untuk menghitung volume sampah yang dihasilkan suatu sekolah. Ternyata PLH juga melibatkan pelajaran matematika dan tidak semua peserta juga bisa melakukannya lho. Di penghujung acara dilakukan evaluasi mengenai materi dan ternyata mendapat tanggapan cukup bagus dari para peserta dan MGMP PLH kota Bandung.

You Might Also Like

0 komentar